Array
Welcome To Portal Komuniti Muslimah -- Hanan.com.my.my

  Create An Account Home  ·  Topik  ·  Statistik  ·  Your Account  ·  Hantar Artikel  ·  Top 10 28-01-2023  

  Suka!
New Page 1

  Mutiara Kata
JANGAN kecilkan cita-citamu, kerana cita-cita yang kecil akan menyebabkan seseorang itu mundur dalam gerak langkah perjalanan hidupnya menuju kejayaan
-- Saidina Umar Al-Khatab

  Menu Utama

  Keahlian Portal Komuniti
Terkini: Maisarah99
Hari Ini: 0
Semalam: 0
Jumlah Ahli: 13727

  Sedang Online
Assalamualaikum
Tetamu

Nickname

Password



[ Mendaftar ]

Sedang Online:
Tetamu: 7
Ahli: 0
Jumlah: 7




  Dari Galeri
Gelagat sahabat kita dalam satu program KRIS

  Yang Masuk Ke Sini
kasih_kekasih: 30 hari yang lalu

Keistimewaan Wanita : Pemegang Kunci Pintu Surga
 Posted on Rabu, 31 Mac 2004 @ 13:05:34oleh Hanan
Tazkirah kasih_kekasih menulis Dari Mu'awiyah bin Jahimah As-Salami, sesungguhnya Jahimah datang kepada Nabi saw. , lalu berkata: "Wahai Rasulullah. Aku ingin pergi perang dan aku sekarang datang minta nasihat kepada Tuan." Beliau Bertanya: "Apakah kamu masih mempunyai ibu?" ia menjawab: "Masih." Beliau bersabda:"Uruslah dia, karena surga di bawah kedua kakinya." (hari. Nasa'i, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Penjelasan:



Ketika Jahimah datang kepada Rasulullah saw. Mengutarakan keinginannya untuk ikut pergi berperang bersama beliau, Jahimah minta nasihat Rasulullah saw. atas keinginannya tersebut. Beliaupun menanyakan keberadaan ibunya. Ketika mengetahui bahwa Jahimah masih memiliki ibu yang membutuhkan perawatannya, Rasulullah saw. memerintahkan supaya ia mengurus ibunya karena dengan mengurus ibunya ia akan mendapatkan balasan surga.



Seorang anak laki-laki yang mengurus ibunya, sedangkan tidak ada orang lain yang dapat mengurusnya, boleh meninggalkan jihad memerangi orang kafir dan tinggal bersama ibunya untuk mengurus kepentingannya. Dengan mengurus ibunya, ia akan diberi surga yang dijanjikan sebagai balasan bagi orang-orang yang bertaqwa kepada Allah.



Dengan Hadist tersebut Rasulullah saw. dengan tegas menerangkan keistimewaan yang Allah berikan kepada wanita, yaitu bahwa ia memegang kunci bagi anak-anaknya untuk masuk surga atau tidak. Jika anak-anka mereka berbakti kepada ibunya sesuai dengan tuntunan Islam, Allah akan memudahkan mereka masuk surga. Akan tetapi, jika anak-anak durhaka kepada ibunya, pintu surga akan sulit mereka lalui.



Kehormatan tinggi seperti ini hanya menjadi hak seorang ibu dan tidak menjadi hak seorang bapak. Hal ini membuktikan bahwa Islam benar-benar mengangkat martabat dan derajat kaum wanita jauh melampaui angan-angan dan perkiraaan manusia yang tidak pernah menyaksikan perjalanan sejarahnya dengan meperlakukan wanita begitu terhormat sehingga dijadikan penentu bagi anak-anaknya untuk dapat masuk surga aau tidak.



Pada berbagai lingkungan masyarakat dunia di luar Islam tidah pernah dikenal adanya penghormatan setinggi itu diberkan kepada kaum wanita, bahkan terjadi sebaliknya. Kaum wanita dijadikan sebagai barang yang dapat diwariskan kepada ahli waris, dijadikan sebagai budak belian yang dapat dipindahtangankan dari satu laki-laki kepada laki-laki lainnya, bahkan dapat diberikan oleh seorang ayah kepada anaknya. Perlakuan biadab seperti ini dengan serta merta dan sangat pas dihentikan oleh Rasulullah saw. sejak awal dakwahnya, bahkan beliau memproklamasikan adanya pernghargaan dan penghormatan kepada ibu seperti dalam Hadits tersebut kepada seluruh dunia.



Fakta seperti ini harus membuka kesadaran muslimah yang terkicuh oleh propaganda gender sehingga memandang Islam dengan sebelah mata dan berusaha memutarbalikkan ayat-ayat Al-Quran yang dirasakan tidak sejalan dengan hawa nafsu mereka. Kepada mereka perlu dihadapkan tantangan untuk membuktikan peradaban mana di dunia ini yang berhasil membebaskan kaum wanita dari berbagai macam penghinaan dan mengakui keistimewaan-keistimewaan kaum wanita sebagaimana yang telah diumumkan oleh Islam ini.



Islam sebagai agama Allah Yang Mahatahu tentang segala seluk-beluk tabiat dan fitrah manusia adalah satu agama yang paling tepat aturan-aturannya memberikan petunjuk kepada manusia sepanjang zaman bagaimana kaum wanita harus diperlakukan dan bagaimana pula kaum wanita harus mendapatkan keistimewaanya. Oleh karena itu, hanya dengan Islam inilah kaum wanita terjamin menikmati kesitimewaannya dan dapat berjalan di atas fitrahnya dengan penuh ketentraman, kedamaian, dan kesejahteraan.



Hadits tersebut menegaskan kepada segenap putra-putri muslim bahwa ibu mereka mempunyai peranan strategis dalam memudahkan atau mempersulit mereka memasuki pintu surga. Jika purta-purti muslim mengurus kepentingan ibunya dengan ikhlas, hal itu menjadi jalan yang mudah bagi dirinya untuk mendapatkan surga. Oleh karena itu, segenap putra-putri muslim harus selalu mengutamakan ibunya daripada yang lain agar kunci pintu surga dapat diperolehnya dengan mudah.

 

  Tazkirah


Komen


"Keistimewaan Wanita : Pemegang Kunci Pintu Surga" | Login/Mendaftar | 0 Komens
Threshold
Komen di sini adalah hakmilik yang menghantar. Pihak Pengurusan Portal tidak ada kena mengena.




-------------------------------------------------------------------------------
Portal Komuniti Muslimah
Hakcipta 2003 oleh Hanan Alam Faizli / Hanan Network
Made in: Bandar Sunway, Selangor
Tarikh Mula: 17hb April 2003

Dibina oleh: Team Walasri

Ditadbir oleh:





Loading: 0.092863 saat. Lajunya....